Profil Desa

 

Desa Pekauman merupakan salah satu dari 11 desa yang ada di Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso yang memiliki luas wilayah 990,009 hektar, yang terdiri dari 6 dusun, 5 RW, dan 14 RT. Adapun batas-batas wilayah desa diataranya:

BATAS DESA
Sebelah utara  
Sebelah selatan  
Sebelah timur  
Sebelah barat  

 

Sama seperti iklim yang ada di desa lainnya, iklim di Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso  yaitu iklim penghujan dan iklim kemarau yang sangat berpengaruh terhadap pola tanam yang ada di desa Pekauman . Suhu rata-rata setiap harinya sekitar 37ºC, dan curah hujan sekitar 134.00 mm dengan jumlah penghujan sekitar 5 bulan. Ketinggian wilayah desa pekauman ± 158 diatas permukaan laut dengan wilayah desa yang dikelilingi  tanah sawah dan tanah tegalan , karena mayoritas penduduk desa berprofesi sebagi petani.

Sejarah Desa Pekauman

Secara geografis tanah desa Pekauman terletak dikawasan setelah dari arah jantung kota Bondowoso,kurang lebih 9 km . Dahulu kala desa Pekauman dibabat oleh beberapa tokoh yang dikenal dengan sebutan pujuk, antaranya:

  • Pujuk Susmita
  • Pujuk Jejeh
  • Pujuk Selor
  • Pujuk Teng
  • Pujuk Romangso
  • Pujuk Remen

Nama Pekuman terbentuk dari filosofi perjuangan masyarakan pekauman Zaman dulu yang memiliki semangat tinggi tidak kenal putus asa yang di dasari keyakinan ,keikhlasan ,dan tanggung jawab yang tinggi dalam melakukan kegiatan apa pun untuk mewujudkan jiwa demokrasi dengan cara bermusyawarah untuk memutuskan setiap hal. Dengan jiwa demokrasi dan musyawarah itulah dijadikan momentum bahwa masyarakat pekauman  suka burmsyawarah maka akhirnya diberi nama Pekauman yang memiliki makna berkumpul,bersatu,dan bermusyawarah .

Lewat ke baris perkakas